Profil Madrasah

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 12 JOMBANG

PENDAHULUAN

Visi Madrasah

Terbentuknya peserta didik yang religius, berprestasi,berakhlakul Karimah dan berwawasan lingkungan

Misi Madrasah

  1. Menanamkan nilai – nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui pengamalan ajaran agama
  2. Melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik
  3. Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan
  4. Melaksanakan kegiatan kokurikuler, intrakulikuler dan extra kurikuler sesuai dengan potensi,  bakat dan minat peserta didik
  5. Menanamkan sikap disiplin, dan bertanggungjawab serta penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama islam untuk membentuk akhlakul karimah
  6. Mewujudkan kepedulian peserta didik terhadap pelestarian lingkungan hidup,

Tujuan

  1. Mengembangkan budaya madrasah yang religius melaui kegiatan keagamaan
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik
  3. Madrasah memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan profesinal
  4. Madrasah mampu berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik  tingkat kabupaten, propinsi dan nasional
  5. Terbentuknya sikap disiplin, dan bertanggungjawab serta penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama islam untuk membentuk akhlakul karimah
  6. Terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, indah dan nyaman

SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH

Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumobito pada mulanya berasal dari relokasi sekolah kejuruan yaitu PGA Al-Hikmah Balongrejo. Pada tahun 1979 pengurus Yayasan Al Hikmah beserta wali murid memutuskan merubah jenjang pendidikan ini secara aklamasi, sebagian besar menginginkan SMP dan sebagian yang lain memilih Madrasah Tsanawiyah, sehingga kedua lembaga ini berjalan hingga tahun 1983.

Pada tahun 1984 Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah mendapat tawaran dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Plandi dibawah pimpinan Bapak Supriyadi (Alm) untuk menjadi filial Madrasah Tsanawiyah tersebut dengan syarat pindah lokasi semula. Persyaratan ini diterima, dibawah pimpinan Bpk Muhammad Yazid Abdulloh (Alm) pada tahun 1984 madrasah ini pindah ke desa Nglele Sumobito dengan menempati SDN setempat dan masuk pada siang hari dengan status Madrasah Tsanawiyah Negeri Plandi Filial di Nglele Sumobito Jombang. Pada tahun      ajaran 1985 sampai 1990 Kepala Madrasah di jabat oleh Bapak Muhammad Mas’ud. BA (Alm), dengan kerjasama yang baik dan harmonis dengan  masyarakat Nglele dibawah pimpinan Bapak Abdul Syakoer selaku Kepala Desa Nglele, bersama – sama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat berkat pertolongan Allah SWT, maka bisa mewujudkan sebidang tanah waqaf Bapak H. Sahlan (Alm) dan ditambah dengan pembelian tanah  sehingga mencapai 2300 m .

Dengan semangat juang yang tinggi disertai dengan pertambahan murid yang pesat, maka pada tahun itu juga bisa membangun gedung yang kemudian ditempati pada tahun 1994 – 1995. tiga lokal gedung baru sudah mulai bisa ditempati.

Pada 17 Maret 1997 MTsN Plandi Filial di Nglele dinegerikan secara penuh dengan Nama MTs Negeri Sumobito dibawah Pimpinan Kepala Madrasah  Bapak M. Fathoni.S.Ag (Alm) , pada masa itu pula Madrasah secara swadaya  mampu membangun satu gedung dengan empat lokal sehingga seluruh kegiatan belajar mengajar Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumobito bisa dilaksanakan digedung sendiri meskipun masih ada yang masuk siang. Dengan perhatian pemerintah yang cukup bijksana pada tahun 2001 mendapat proyek gedung sebelah timur seanyak 3 lokal melalui APBN selanjutnya pada tahun 2002 mendapat proyek gedung lagi sebelah selatan 3 lokal melalui APBN. Pada tahun ajaran 2002-2003 mendapat proyek 2 lokal melalui proyek imbal swadaya. Tahun 2011/2012 rehab APBN, sebanyak 4 lokal. Dengan demikian proses belajar mengajar  di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumobito bisa berjalan dengan baik / masuk pagi semua.

Pada tahun 2016 keluar lah KMA Nomor 673 Tahun 2016 Tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Timur. Dan MTsN Sumobito berubah nama menjadi MTs Negeri 12 Jombang. Demikian selanjutnya tahun demi tahun, seiring dengan semakin bertambahnya jumlah peserta didik MTsN 12 Jombang, madrasah selalu berusaha menambah sarana dan prasarana , baik berupa Ruang Kelas Baru (RKB) maupun program yang lain. Dan melalui DIPA 2018, MTs Negeri 12 Jombang mendapat bantuan dana untuk pembangunan 2 RKB. Dan alhamdulillah prestasi semakin banyak diperoleh oleh anak-anak dalam berbagai macam event baik tingkat kecamatan, kabupaten maupun propinsi.

© 2020 . All rights reserved.